PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS 5 SD NEGERI LINGGAPURA 05 SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Authors

  • Sarti Sarti

Keywords:

mind mapping method, Mathematics result study

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penggunaan metode mind mapping. Hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan metode mind mapping dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa terbukti dari rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 52 pada kondisi awal menjadi 72 siakhir siklus 1 atau sebesar 35%. Pada akhir siklus II rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari72 menjadi 81 atau sebesar 13%. Total kenaikan nilai rata-rata dari kondisi awal hingga akhir siklus II sebesar 52%.

Declining character and morals of the students was one of the problems of education in Indonesia that must be talked immediately. The aim of this research was to determine the implementation of religion integration and science in the learning process as an alternative solution to that problem. This research was qualitative with case study approach. The result of this research showed that the learning based on the religion integration and science that did incorporate allied discipline; especially placed the religious values in each study that the aims in addition to determining the understanding about the material, the students could determine the values of Islam related to the material that being studied.

 

Published

2017-05-17

How to Cite

Sarti, S. (2017). PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS 5 SD NEGERI LINGGAPURA 05 SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2015/2016: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2), 30–35. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/117