MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE PROBLEM SOLVING MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VI SD NEGERI TANGGERAN 01 KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Authors

  • Aenul Wafa

Keywords:

problem solving method, motivation, Mathematics learning achievement

Abstract

Penelitian ini memusatkan pada upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika dengan metode problem solving. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang meliputi 3 komponen yaitu acting, observing dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan motivasi dan hasil belajar di setiap siklus. Rata-rata kelas mengalami peningkatan dari 56,67 pada kondisi awal menjadi 74,44 pada siklus I dan 86,11 pada siklus II. Pembelajaran siklus 1 siswa yang aktif sebanyak 44.44 % naik menjadi 100% pada siklus II.

This study focused on the effort to enhance motivation and mathematics learning achievement through problem solving method. The kind of this research was classroom action research which consisted of 3 steps i.e acting, observing and reflection. The result of this study showed the improvement of the motivation and the result study in each cycles. The average grade values has enhanced 56,67 in the initial conditions being 74,44 in the first cycle and 86,11 in the second cycle. In the first learning cycle 44,44% students who were active enhanced 100% in the second cycle.

Published

2017-05-17

How to Cite

Wafa, A. (2017). MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE PROBLEM SOLVING MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VI SD NEGERI TANGGERAN 01 KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2015/2016: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2), 36–43. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/118