EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP (STHL) DAN PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR MAHASISWA DALAM MATAKULIAH ANALISIS REAL DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL
Abstract
Analisis real merupakan suatu matakuliah yang mempelajari hal abstrak dan karakter mahasiswa yang baik diantaranya memiliki semangat yang tinggi dalam memecahkan suatu masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah ada pengaruh keterampilan proses dalam pembelajaran dengan menggunakan strategi STHL terhadap prestasi belajar , (2) apakah hasil belajar dengan menggunakan strategi tersebut di atas lebih baik dari pada strategi pembelajaran ekspositori.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran mata kuliah Analisis Real I dengan Strategi STHL yang dilengkapi Tugas Terstruktur (1) berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa dengn nilai R square= 41,5%, (2) Prestasi belajar dengan Strategi STHL yang dilengkapi Tugas Terstruktur lebih baik dibandingkan strategi ekspositori.