Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan JurusanMenggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Studi Kasus : SMK Muhammadiyah Bumiayu

Authors

  • Dichi Ade Saputra
  • Mukrodin Mukrodin
  • Eko Sudrajat

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, Pemilihan Jurusan, Metode AHP

Abstract

Manusia selalu dihadapkan pada beberapa pilihan di dalam kehidupannya. Permasalahan tentang pengambilan keputusan ini juga di alami oleh siswa yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Permasalahan yang sering terjadi adalah calon siswa SMK bingung dan belum tahu harus memilih jurusan apa yang tepat untuk dirinya. Penjurusan di SMK Muhammadiyah Bumiayu saat ini masih di lakukan dengan sistem manual, yaitu siswa memilih jurusannya sendiri hanya dengan mengisi sebuah formulir pemilihan jurusan. Tujuan penjurusan ini yaitu agar siswa bisa terarah dalam menerima pelajaran yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Dengan menggunakan Analytical Hierarchy Process sebagai model untuk uji komparasi hierarki. Metode ini digunakan karena dapat membantu dalam pengambilan keputusan dengan memperhatikan kriteria yang ada serta informasi yang diberikan bersifat kuantitatif. Dengan sistem ini nantinya calon siswa/i SMK Muhammadiyah Bumiayu dapat dengan mudah memilih jurusan yang sesuai dengan keinginan dan kemampuannya, tanpa harus takut salah memilih jurusan yang berakibat akan merugikan siswa dari segi biaya maupun waktu. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dapat dijadikan sebagai alat bantu dalam menentukan jurusan bagi siswa/i SMK Muhammadiyah Bumiayu.

Downloads

Published

2020-11-18

How to Cite

Saputra, D. A., Mukrodin, M., & Sudrajat, E. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan JurusanMenggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Studi Kasus : SMK Muhammadiyah Bumiayu: Array. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Peradaban, 1(1), 18–23. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jsitp/article/view/603

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>