Pemanfaatan Metode Extreme Programming dalam Pengembangan E-Learning

Pemanfaatan Metode Extreme Programming dalam Pengembangan E-Learning

Penulis

  • Muhammad Yusuf Bakhtiar Universitas Indraprasta PGRI
  • Nandang Suwela Universitas Indraprasta PGRI
  • Ismaillah Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.58436/jsitp.v5i1.1819

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi beberapa tahun terakhir semakin berkembang dengan cepat, salah satu bidang yang terdampak signifikan terhadap perkembangan teknologi ini adalah bidang pendidikan. Perkembangan ini dapat terlihat dari semakin beragamnya media pendidikan di Indonesia, dan metode yang digunakan adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran online. Pembelajaran konvensional yang selama ini dilaksanakan dilembaga pendidikan atau sekolah-sekolah belum dapat memberi kemudahan dan menarik ketertarikan peserta didik untuk rajin mengikuti pelajaran, yang terjadi adalah rutinitas kegiatan belajar mengajar, sehingga hasil pembelajaran tidak sesuai seperti yang diharapkan. Bentuk perkembangan teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran adalah menggunakan e-learning. Melalui e-learning, peserta didik tidak hanya mendengarkan penyampaian materi yang diberikan oleh pendidik saja tetapi juga aktif mengamati, melakukan dan  mendemonstrasikan. Materi bahan ajar dapat divisualisasikan dengan format yang menarik sehingga pembelajaran menjadi lebih dinamis serta mampu memotivasi peserta didik untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Pengembangan e-learning ini dilakukan dengan menggunakan metode Extreme Programming, sebuah metode pengembangan dengan pendekatan agile software development.

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Yusuf Bakhtiar, M., Suwela, N., & Ismaillah. (2024). Pemanfaatan Metode Extreme Programming dalam Pengembangan E-Learning: Pemanfaatan Metode Extreme Programming dalam Pengembangan E-Learning. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Peradaban, 5(1), 1–5. https://doi.org/10.58436/jsitp.v5i1.1819

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama