Peningkatan Hasil Belajar Aktivitas dan Perilaku Siswa pada Materi Bentuk Aljabar melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Siswa A Kelas VII F SMP Negeri 1 Pangkah Semester Gasal Tahun Pelajaran 2016/2017

  • Rahayu Sumardiyanti
Keywords: Hasil Belajar, Aktivitas, Perilaku SIswa, Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI)

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pembelajaran terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus dilaksanakan dalam empat tahap meliputi (a) tahap perencanaan (b) tahap tindakan (c) tahap pengamatan (d) tahap refleksi. Tempat Penelitian Tindakan Kelas ini adalah SMP Negeri 1. Pelaksanaan kegiatan Penelitian Tindakan Kelas dilakukan sejak akhir bulan September 2016 sampai bulan Desember 2016. Subjek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelasVII F SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: tes, observasi, dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika meningkat dari kondisi awal dengan presentase ketuntasan belajar 43,33% menjadi 66,67% pada siklus I dan 83,33% pada siklus II, (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran Matematika materi program linear meningkat dari kondisi awal 1,34 kategori tidak aktif, pada siklus I sebesar 2,50 kategori kurang aktif dan meningkat di siklus II dengan rata-rata skor 3,18 termasuk dalam kategori Aktif, dan (3) perubahan perilaku mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari katagori cukup (C) pada kondisi awal lalu mencapai kategori baik (B) pada siklus I dan siklus II.

Published
2022-05-01