Peningkatan Hasil Belajar, Aktivitas dan Perilaku Siswa pada Materi Garis Singgung Lingkaran melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 1 Pangkah Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016

  • Nur Ekawati
Keywords: Aktivitas, Hasil Belajar, Perilaku, Team Assisted

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi garis singgung lingkaran melalui Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada kelas VIII F SMP Negeri 1 Pangkah semester genap tahun pelajaran 2015/2016, dan adanya perubahan perilaku siswa pada pembelajaran materi garis singgung lingkaran  melalui Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada kelas VIII F SMP Negeri 1 Pangkah semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dalam empat tahap meliputi tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tempat penelitian tindakan kelas ini adalah SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal. Pelaksanaan kegiatan penelitian tindakan kelas dilakukan sejak akhir bulan Januari 2016 sampai bulan April 2016.  Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Pangkah kabupaten Tegal tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik validasi data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini, antara lain: triangulasi data, audit trail, dan member check. Analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika meningkat dari kondisi awal dengan persentase ketuntasan belajar 30,56% menjadi 66,67% pada siklus I dan 83,33% pada siklus II, aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika materi garis singgung lingkaran meningkat dari kondisi awal 1,43 kategori tidak aktif, pada siklus I sebesar 2,57 kategori kurang aktif dan meningkat di siklus II dengan rata-rata skor 3,17 termasuk dalam kategori Aktif, dan perubahan perilaku siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari katagori cukup (C) pada kondisi awal lalu mencapai kategori baik (B) pada siklus I dan  siklus II.

 

Published
2021-05-01