Upaya Peningkatan Kreativitas dan Kinerja dalam Pembelajaran Daring melalui Supervisi Online di MTs Se-Kota Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v6i1.1189Keywords:
Kreativitas Guru, Kinerja Guru, Supervisi OnlineAbstract
Usaha meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia harus dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat. Peningkatan mutu pendidikan sangat tergantung dari beberapa faktor. Faktor yang sangat penting antara lain adalah adalah pengajar atau guru sebagai garda terdepan dalam proses transfer ilmu kepada peserta didik. Pendidik yang berkualitas harus memiliki tingkat kedisiplinan, kinerja, motivasi, kreativitas dan dedikasi yang tinggi. Dalam Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini, dilakukan tindakan berupa supervisi online dalam pembelajaran di MTs se Kota Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif diskriptif, dengan subjek penelitian 50 guru MTs se kota Tegal. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, karena dari hasil penelitian dan analisa data, ternyata pada siklus kedua, kreativitas guru dalam pembelajaran daring meningkat dan memenuhi indikator yang telah ditetapkan dari 12,1% menjadi 0,3% atau sebesar 12,4%. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan kreativitas dan kinerja guru dapat dilakukan melalui supervisi online.