Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru MTs dalam Melaksanakan Penilaian Autentik pada MTs Swasta Implementasi Kurikulum 2013 Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018 Melalui Small Group Discussion di Kota Tegal

Authors

  • Lutfiyah Nur Rochmah

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v2i2.318

Keywords:

Penilaian Autentik, Penilaian Proses, Hasil

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemahaman guru MTs binaan implementasi kurikulum 2013 dalam melaksanakan penilaian autentik yang meliputi penilaian kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial, penilaian kompetensi pengetahuan dan penilaian kompetensi keterampilan melalui metode small group discussion di Kota Tegal. Penerapan metode ini dengan cara mengelompokkan pada tiap MTs binaan implementasi kurikulum 2013 Kota Tegal menjadi 4 group diskusi bersama pengawas sebagai fasilitator dan narasumber untuk memperoleh pemahaman bersama secara komprehensif. Hasil tindakan pada siklus I dan II kemampuan guru MTs Swasta implementasi kurikulum 2013 dalam melaksanakan penilaian autentik mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pada kompetensi sikap 68,75 menjadi 74,17 naik 7,88%, kompetensi pengetahuan 74,44 menjadi 75,56 naik 8,8%, kompetensi keterampilan 53,33 menjadi 61,67 naik 15,63 atau nilai rata-rata secara keseluruhan 59,95 menjadi 68,10 naik 13,98%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman kepada guru MTs binaan implementasi kurikulum 2013 dalam melaksanakan penilaian autentik meningkat.

 

 

Abstract: The purpose of this study is to improve the MTs teacher's understanding ability guided by the 2013 curriculum implementation in carrying out authentic assessments which include assessment of competencies in spiritual attitudes and social attitudes, assessment of knowledge competency and assessment of skills competency through small group discussion methods in Tegal City. The application of this method by grouping each MTs guided by the 2013 curriculum implementation into 4 discussion groups with supervisors as facilitators and resource persons to obtain a comprehensive understanding together. The results of the action in the first and second cycle of the ability of Private MTs teachers 2013 curriculum implementation in carrying out authentic assessment has increased with an average value on attitude competency 68.75 being 74.17 enhanced 7.88%, knowledge competence 74.44 being 75.56 or enhanced 8.8%, skills competency 53.33 being 61.67 or enhanced 15.63 or the overall average value of 59.95 being 68.10 or enhanced 13.98%. Thus, it can be concluded that there was an increase in the understanding ability of MTs teachers guided by the 2013 curriculum implementation in carrying out authentic assessments.

Downloads

Published

2018-10-30

How to Cite

Rochmah, L. N. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru MTs dalam Melaksanakan Penilaian Autentik pada MTs Swasta Implementasi Kurikulum 2013 Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018 Melalui Small Group Discussion di Kota Tegal: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 2(2), 30–43. https://doi.org/10.58436/dfkip.v2i2.318