Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran melalui Supervisi Kelas di SD Negeri Jembayat 04 Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i2.498Keywords:
supervisi, supervisi kelas, kompetensi guruAbstract
Kompetensi supervisi merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh kepala sekolah dengan tujuan membantu kesulitan guru dalam peningkatan kompetensi guru saat pembelajaran. Guru merupakan komponen yang penting dalam peningkatan mutu pendidikan sehingga terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Selama proses pembelajaran guru harus mempunyai kompetensi sebagai wewenang yang dikaitkan dengan ruang lingkup suatu jabatan atau posisi sebagai guru dan kompetensi guru merupakan landasan dalam rangka mengabdikan profesinya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran bagi guru. Subjek penelitian adalah guru di SD Negeri Jembayat 04 tahun pelajaran 2017/2018 yang jumlahnya sebanyak 6 guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi dapat meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran. Kompetensi guru yang mengalami peningkatan selama siklus I dan siklus II sebagai berikut: 1) melaksanakan apersepsi dan sikap profesionalisme (sangat baik), 2) guru menguasai materi yang diajarkan (sangat baik), 3) guru menerapkan strategi pembelajaran yang mendidik (baik), 4) pendekatan pembelajaran (sangat baik), 5) guru melaksanakan pembelajaran terpadu (sangat baik), 6) guru melaksanakan penilaian autentik (sangat baik), 7) memanfaatkan sumber belajar atau media belajar (sangat baik), 8) guru memicu memelihara keterlibatan peserta didik (sangat baik), 9) guru menggunakan bahasa yang baik dan benar (baik), dan 10) guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif (sangat baik).