Penerapan Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Mengembangkan Instrumen Tes Pilihan Ganda dan Jawaban Singkat di SD Negeri Kalisalak 03 Kecamatan Margasari Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019

  • Wakiah . SD Negeri Kalisalak 03
Keywords: Supervisi Klinis, Pilihan Ganda, Jawaban SIngkat

Abstract

Supervisi merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh kepala sekolah dengan tujuan membantu kesulitan guru dalam peningkatan kompetensi guru saat pembelajaran. Guru merupakan komponen yang penting dalam peningkatan mutu pendidikan sehingga terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Sebagai pihak yang bertanggung jawab atas keberhasilan kegiatan pembelajaran, guru dituntut mampu mempersiapkan dan melakukan penilaian dengan baik sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat dicapai secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan instrumen tes pilihan ganda dan jawab singkat. Subjek penelitian adalah guru di SD Negeri Kalisalak 03 tahun pelajaran 2018/2019 yang jumlahnya sebanyak 3 guru kelas atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam pembelajaran dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Kemampuan guru dalam mengembangkan instrumen tes dapat ditingkatkan melalui penerapan supervisi klinis. Peningkatan itu terjadi pada kemampuan mengembangkan instrumen tes jawaban singkat maupun instrumen tes pilihan ganda. Kepala sekolah dalam melaksanakan tugas memiliki kepentingan secara langsung dengan guru terutama dalam membina mengembangkan keterampilan dan pengetahuan guru yang berkaitan dengan pengembangan instrumen tes.

Published
2020-05-10