EFEKTIVITAS VIDEO YOUTUBE SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF”IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rosy Alya Fatmah Universitas PGRI Yogyakarta
  • Setyo Eko Atmojo Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v7i1.1447

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan video youtube sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas IV SD Negeri Godean 2 pada materi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen berbentuk Quasi Experimental Design Type Noneequivalent Control Group Design yang memakai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi tindakan memakai video youtube, pada kelas kontrol proses pembelajaran memakai media gambar. Teknik pengumpulan data dengan tes hasil belajar IPA, observasi, serta dokumentasi. Untuk menguji pengaruh penggunaan media video youtube menggunakan teknis analisis data Uji-t. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai postes kelas eksperimen yaitu 84,33 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 77,55. Hasil analisis data menunjukan nilai t hitung 3.737 > t tabel 2,021. Artinya terdapat perbedaan signifikan pada hasil Post-test kelas eksperimen yang memakai media video youtube dengan kelas kontrol yang memakai media gambar. Dapat ditarik kesimpulan jika ada efektivitas pemakaian media video video youtube pada hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Godean 2.”

 

Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Media Video, Youtube

Downloads

Published

2023-05-20

How to Cite

Fatmah, R. A., & Atmojo, S. E. (2023). EFEKTIVITAS VIDEO YOUTUBE SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF”IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Dialektika Jurnal Pendidikan, 7(1), 175. https://doi.org/10.58436/dfkip.v7i1.1447