MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Tiana Gustiani Sadilah Universitas Peradaban
  • Sri Wartulas Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v7i1.1448

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Children Learning In Science dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Jipang 05 Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimental design. Desain penelitian yang digunakan yaitu one-group pretest-posttest design, subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri Jipang 05 Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2022/2023. Instrumen penelitian ini menggunakan tes, yaitu pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji t paired sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Jipang 05. Dengan hasil rerata pretest sebesar 57,67 dan rerata posttest sebesar 78,67. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji t paired sampel t-test diperoleh nilai t hitung sebesar -14,189 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 artinya terdapat peningkatan antara nilai pretest dan posttest.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Children Learning In Science, Hasil Belajar.

Downloads

Published

2023-05-20

How to Cite

Sadilah, T. G., & Wartulas, S. (2023). MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR . Dialektika Jurnal Pendidikan, 7(1), 186. https://doi.org/10.58436/dfkip.v7i1.1448