Systematic Literature Review: Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v6i1.1192Keywords:
Contextual Teaching and Learning (CTL), Model Pembelajaran, Systematic Literature ReviewAbstract
Dalam dunia pendidikan guru dituntut untuk melakukan suatu pembaruan dalam pembelajaran diantaranya adalah pada penggunaan metode atau model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah contextual teaching and learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terhadap keefektifan model contextual teaching and learning (CTL) di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan dan meriview artikel yang berkaitan dengan pembelajaran contextual teaching and learning yang diterbitkan dari 2012-2021. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 32 artikel jurnal yang diperoleh dari database Google Scholar dan jurnal internasional. Berdasarkan penelitian ini bahwa pembelajaran contextual teaching and learning di sekolah dasar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.