SYSTEMIC LITERATURE REVIEW: PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Aqib Ardiansyah
  • Isma Sakina
  • Winarto Winarto

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v4i2.823

Keywords:

Cooperative learning, Tipe TGT, Systemic Literature Review

Abstract

Penggunaan metode atau model pembelajaran yang tepat dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang didapat digunakan adalah cooverative learning tipe TGT (Teams Games Tournament). Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terhadap efektivitas model cooverative learning tipe TGT pada pembelajaran di sekolah dasar. Penggunaan metode pada penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan dan meriview artikel yang berkaitan dengan pembelajaran cooverative learning Tipe TGT yang diterbitkan pada kurun waktu 2011-2021. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 artikel jurnal yang diperoleh dari database Google Schooler. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa pembelajaran menggunakan pembelajaran cooverative tipe TGT (Teams Games Tournament) di sekolah dasar dapat meningkatkan aktifitas siswa, motivasi siswa dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2020-10-01

How to Cite

Ardiansyah, A., Sakina, I., & Winarto, W. (2020). SYSTEMIC LITERATURE REVIEW: PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS DI SEKOLAH DASAR: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 4(2), 149–161. https://doi.org/10.58436/dfkip.v4i2.823