PERANCANGAN GAME EDUKASI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN MEMANFAATKAN KEARIFAN LOKAL
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v5i2.900Keywords:
Rancangan, Game Edukasi, Kearifan Lokasl, Siswa SDAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan game edukasi untuk siswa sekolah dasar dengan memanfaatkan kearifan lokal. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah 4D dari Thiagarajan (1974). Teknik sampel yang digunakan yaitu purpossive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan tes. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian diperoleh (1) media game edukasi perlu dikembangkan berdasarkan studi pendahuluan belum tersedia media yang mengemas game dan memanfaatkan kearifan lokal. (2) Game edukasi layak dan valid digunakan berdasarkan hasil validasi media, materi dan respon siswa dengan kategori sangat baik.