Evaluasi Program Penugasan Dosen di Sekolah (PDS) Universitas Peradaban Berdasarkan Model Kesenjangan (Discrepancy Model)

Authors

  • Dwi Hesty Kristyaningrum
  • Winarto Winarto

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i1.482

Keywords:

evaluasi, program, PDS

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi adanya hibah revitalisasi penguatan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) berupa program Penugasan Dosen di Sekolah (PDS). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program PDS di Universitas Peradaban (UP). Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian evaluatif dengan model kesenjangan. Subjek penelitian ini yaitu sepuluh dosen peserta PDS UP. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu penilaian RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), penilaian mengajar, dan penilaian luaran program. Teknis analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelaksanaan program dalam kategori baik. Terlaksananya Program PDS dengan indikator keberhasilan: 1) tersusunnya perangkat pembelajaran kolaboratif antara dosen dan guru mitra, 2) terlaksananya pembelajaran kolaboratif yang dibuktikan dengan rekaman audio visual proses pembelajaran kolaboratif, dan 3) diperolehnya pengalaman baik dan terlaporkan menjadi tulisan pengalaman baik program PDS. Rekomendasi hasil evaluasi program PDS UP yaitu alokasi waktu pelaksanaan PDS perlu ditambah dan perencanaan program mempertimbangkan kegiatan akademik di sekolah.

Downloads

Published

2019-05-07

How to Cite

Kristyaningrum, D. H., & Winarto, W. (2019). Evaluasi Program Penugasan Dosen di Sekolah (PDS) Universitas Peradaban Berdasarkan Model Kesenjangan (Discrepancy Model): Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 3(1), 31–42. https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i1.482