PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ALSAK (AL-QUR’AN SAINS DAN KARAKTER) UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yusuf Wibisono
  • Dyah Ayu Retnoningsih
  • Winarto Winarto
  • Dwi Hesty K

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v5i2.899

Keywords:

Pengembangan, Bahan Ajar, Pendekatan ALSAK, Karakter, Mahasiswa

Abstract

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PKK), mengharuskan perguruan tinggi melaksanakan pendidikan karakter. Pertimbangan lain pentingnya pendidikan karakter adalah banyaknya kasus kriminal yang pelakunya berasal dari kalangan mahasiswa. Pendapat para ahli mengatakan pendidikan karakter dapat dilakukan melalui integrasi pembelajaran atau diluar pembelajaran. Bagaimana melaksanakan pendidikan karakter yang di integrasikan dalam pembelajaran di perguruan tinggi perlu dilakukan penelitian.  Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media bahan ajar mata kuliah konsep dasar IPA untuk calon guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah 4D dari Thiagarajan (1974). Teknik sampel yang digunakan yaitu purpossive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan tes. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian diperoleh (1) media bahan ajar konsep dasar IPA dikembangkan berdasarkan studi pendahuluan belum tersedia media yang mengemas bahan ajar dengan pendekatan ALSAK. (2) Bahan ajar konsep dasar IPA layak dan valid digunakan berdasarkan hasil validasi media, materi dan respon siswa dengan kategori sangat baik.

Downloads

Published

2021-10-01

How to Cite

Wibisono, Y., Retnoningsih, D. A., Winarto, W., & K, D. H. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ALSAK (AL-QUR’AN SAINS DAN KARAKTER) UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 5(2), 50–59. https://doi.org/10.58436/dfkip.v5i2.899