Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Alat Peraga di Kelas V SDN Sidomulyo Sleman

Authors

  • M. Rafli N.J PGSD Universitas PGRI Yogyakarta
  • Setyo Eko Atmojo Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v8i1.1664

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa sebelum menggunakan alat peraga pada materi pembelajaran IPA tentang rantai makanan di kelas V SD Negeri Sidomulyo Sleman. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Sidomulyo Sleman pada Tahun Ajaran 2023/2024 semester ganjil dan dilaksanakan dalam dua siklus dengan jumlah siswa 16 siswa. Prosedur penelitian pada siklus I dan II melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan terhadap pelaksanaan tindakan atau observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan perhitungan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan yaitu dari 56,88 pada pra siklus menjadi 72,08 pada siklus I dan mengalami peningkatan sebesar 83,75 pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan yaitu dari 31,25% pada pra siklus menjadi 50% pada siklus I dan mengalami peningkatan lagi menjadi 93,75% pada siklus II.

 Kata Kunci: Ilmu Pengetahuan Alam, Prestasi Belajar, Alat Peraga.

Downloads

Published

2024-05-26

How to Cite

M. Rafli N.J, & Setyo Eko Atmojo. (2024). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Alat Peraga di Kelas V SDN Sidomulyo Sleman. Dialektika Jurnal Pendidikan, 8(1), 365–374. https://doi.org/10.58436/dfkip.v8i1.1664

Most read articles by the same author(s)