Efektivitas Metode Pembelajaran Suku Kata Syllabic Method Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa MI
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v8i1.1829Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah diantaranya yaitu masih banyak ditemui ketidakmampuan siswa yang kurang mengenal huruf-huruf alfabetis, siswa kesulitan membaca kata yang berakhiran konsonan, terdapat siswa yang kesulitan memahami huruf "b", "d", dan huruf "p", terdapat siswa yang kesulitan memahami huruf "f" dan "v", terdapat siswa yang menghilangkan huruf ketika membaca kalimat sederhana. Hal ini yang melatar belakangi peneliti melakukan penelitian ini. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui peningkatan sebelum menggunakan menggunakan metode suku kata syllabic method dan setelah menggunakan metode suku kata syllabic method, 2) Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan metode suku kata syllabic method terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I MI Tamrinussibyan 01 Al-Hikmah Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre- eksperimental designs jenis One-Group Pretes-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 MI Tamrinussibyan I Al-Hikmah, dengan sampel 30 siswa kelas 1 MI Tamrinussibyan I Al-Hikmah. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu uji paired sample test (Uji T) dan juga uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (-18.673 > 2.045). sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, dan nilai koefisien signifikasi (2-tailed) menunjukkan 0,000. Karena nilai signifikasi < 0,05, maka H0 ditolak. Hasil nilai rata-rata (mean) N-gain score menunjukkan hasil 0,76 atau 76% termasuk dalam kategori efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa membaca menggunakan metode suku kata syllabic method efektif terhadap kemampuan membaca permulaan siswa.
Kata Kunci: Efektivitas, Metode Suku Kata Syllabic Method, Kemampuan Membaca Permulaan.