PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGHITUNG LUAS BANGUN DATAR DAN LUAS SEGI BANYAK MELALUI PENDEKATAN QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS VI A SEMESTER 1 SD NEGERI BONGKOK 01 KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2017-2018

Authors

  • Ibnu Kamijo

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v2i1.267

Keywords:

Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Quantum Learning, luas bangun datar

Abstract

Abstrak: Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar Matematika  Materi kemampuan menghitung luas bangun datar dan luas segi banyak belum tuntas. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan proses pembelajaran, aktivitas dan hasil belajar siswa  kelas VI.A SD Negeri Bongkok 1 Semester 1 tahun pelajaran 2016-2017. Subjek Penelitian siswa kelas VI.A yang berjumlah 24 siswa terdiri 16 putra dan 9 putri. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran siklus I 74% meningkat menjadi 90% saat siklus II. Aktivitas siswa dari prasiklus 70% meningkat menjadi 76% pada siklus 1 dan menjadi 90% pada Siklus 2. Hasil belajar pada kondisi prasiklushanya mencapai ketuntasan kelas  25% sedangkan pada siklus 1 mencapai 62,50%  dan pada Siklus 2 meningkat menjadi 91,67% dengan rata-rata prasikus 6,42 meningkat menjadi 75,83 pada siklus I dan meningkat menjadi 84,58 pada siklus II. Terbukti pembelajaran melalui pendekatan Quantm Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi menghitung luas bangun datar dan luas segi banyak..

 

Abstract:The background of this research is the Mathematics learning outcomes in subject material the ability to calculate the plane area and the polygon area have not been completed. This classroom action research aims is to improve the learning process, activities and learning outcomes of students in class VI.A SD Negeri Bongkok 1 in Semester 1 at the Academic year 2016-2017. The subject of this research is the students of VI A with total number of

of 16 male students and 9 female students. The method of data collection in this research is used tests, observation, documentation, and interviews. Based on the results of this research showed that the learning process of cycle I is amount 74% increased to 90% during cycle II. The students’ activity in pre-cycle is amount 70% increased to 76% in cycle 1 and being 90% in Cycle 2. The learning outcomes in the pre-cycle conditions reached 25% grade mastery while in cycle 1 reached 62.50% and in Cycle 2 increased to 91.67% with the average value of pre-cycle 6.42 increased to 75.83 in cycle I and being 84.58 in cycle II. This research is proven that learning through Quantum Learning approach can improve the activity and learning outcomes of mathematics subject material the ability to calculate the plane area and the polygon area.

Downloads

Published

2018-05-31

How to Cite

Kamijo, I. (2018). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGHITUNG LUAS BANGUN DATAR DAN LUAS SEGI BANYAK MELALUI PENDEKATAN QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS VI A SEMESTER 1 SD NEGERI BONGKOK 01 KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2017-2018: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 2(1), 20–29. https://doi.org/10.58436/dfkip.v2i1.267