PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) MELALU PENGGUNAAN MEDIA GELAS FAKEL SISWA KELAS IV SEMESTER 1 SD NEGERI MARIBAYA 01 KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Authors

  • Tarmini Tarmini

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v2i1.274

Keywords:

Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Media gelas Fakel

Abstract

Abstrak: Latar belakang masalah yang mendasari penelitian ini adalah hasil belajar Matematika materi kelipatan persekutuan terkecil masih rendah. Berdasarkan hasil tes prasiklus dari 24 siswa 20,83%  mencapai ketuntasan sedangkan 79,17%  belum mencapai ketuntasan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan, aktivitas dan hasil belajar siswa  kelas IV SD Negeri Maribaya 1 Semester I tahun pelajaran 2016-2017. Subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 24. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, wawancara. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran materi kelipatan persekutuan terkecil mengalami peningkatan melalui media gelas Fakel. Aktivitas siswa dari 5 indikator rata-rata siklus I sebesar 77% (kategori aktif) menjadi 92% pada Siklus II (kategori aktif). Hasil belajar pada kondisi awal ketuntasan kelas hanya sebesar  20,83% rata-rata 53,75 meningkat siklus I mencapai 45,83% rata-rata 69,58 dan pada siklus II menjadi 75% dengan rata-rata kelas 81,25. Kesimpulan dari penelitian ini penerapan pembelajaran  media gelas Fakel dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi kelipatan persekutuan terkecil.

 

Abstract: The background of this research is the low of Mathematics’ learning result in subject material the Lowest Common Multiple. Based on pre-cycle test result from 24 students, there are 20,83% reaching minimum criteria of mastery learning while 79,17% have not reached minimum criteria of mastery learning. This classroom action research aims to improve the activity and learning outcomes of grade IV of SD Negeri Maribaya 1 in Semester I of the academic year 2016-2017. The subject of this research is the students of grade IV with total number of 24 students. The method of data collection in this research is used tests, observation, documentation, and interviews. Based on the result of the research in subject material the Lowest Common Multiple has increased through the Fakel glass. The student activities from 5 indicators in the cycle I is average 77% (active category) being 92% in Cycle II (active category). The learning outcomes at the initial condition of class completeness is only 20.83% on average 53.75 increase cycle I reach 45.83% on average 69.58 and in cycle II to 75% with the average class 81.25. The conclusion of this research is the application of learning glass media Fakel can increase the activity and learning outcomes mathematics subject material the Lowest Common Multiple.

Downloads

Published

2018-05-31

How to Cite

Tarmini, T. (2018). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) MELALU PENGGUNAAN MEDIA GELAS FAKEL SISWA KELAS IV SEMESTER 1 SD NEGERI MARIBAYA 01 KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016-2017: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 2(1), 101–108. https://doi.org/10.58436/dfkip.v2i1.274