Peningkatan Kemampuan Siswa Tentang Koperasi Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping

Authors

  • Tarmini Tarmini

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v2i2.327

Keywords:

Kemampuan, Koperasi, Model pembelajaran, Mind Mapping

Abstract

Abstrak: Berdasarkan hasil tes dalam pembelajaran IPS materi koperasi pada siswa kelas IV.A semester 2 SDN Maribaya 01 tahun pelajaran 2017-2018 masih rendah terbukti dari 24 siswa dengan KKM 70 hanya 5 siswa (28,34%) yang tuntas dan 19 siswa (71,66%) belum tuntas. Tujuan dari penelitian ini meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Mind Mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengambilan data dengan lembar observasi, dokumentasi foto dan hasil tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Hasil analisis data didapatkan dari 5 indikator aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 70,83% menjadi 83,33% setelah siklus II dan hasil belajar siswa peningkatan dari prasiklus 41,67% meningkat menjadi 54,17%  setelah siklus I dan menjadi 83,33% setelah siklus II. Simpulan dari penelitian ini penggunaan model Mind Mapping mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Siswa materi Koperasi Pada Siswa  Kelas IV.A semester 2 SDN Maribaya 01 kecamatan Kramat kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017-2018.

 

Abstract: Based on the test results in Social Science materials cooperative in grade IV.A second semester students of SDN Maribaya 01 academic year 2017-2018 is still low proven from 24 students with KKM 70 only 5 students (28.34%) completed and 19 students ( 71.66%) incomplete. The purpose of this study is to increase student activity and learning outcomes used the Mind Mapping learning model. This research is a classroom action research with two cycles. Each cycle consists of the stages of planning, action, observation and reflection. The data collection with observation sheets, photo documentation and test results. The data analysis techniques used are quantitative techniques and qualitative techniques. The results of data analysis obtained from 5 indicators of student activity has increased from cycle I by 70.83% being 83.33% after cycle II and student learning outcomes increase from pre-cycle 41.67% being 54.17% after cycle I and 83 , 33% after cycle II. Conclusions from this study is the use of the Mind Mapping model can increase student learning activities and results in cooperative material in grade IV.A students in the second semester of SDN Maribaya 01 in Kramat sub-district, Tegal district, in the academic year 2017-2018.

Downloads

Published

2018-10-01

How to Cite

Tarmini, T. (2018). Peningkatan Kemampuan Siswa Tentang Koperasi Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 2(2), 108–115. https://doi.org/10.58436/dfkip.v2i2.327