Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Membuat Soal Cerita Mata Pelajaran Matematika Melalui Group Investigation di SDN Pakulaut 02 Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • Sukhari Sukhari

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i2.508

Keywords:

kompetensi guru, soal cerita, group investigation

Abstract

Guru pada era sekarang perlu meningkatkan profesionalisme. Guru dituntut mampu melaksanakan penilaian kelas, yakni kegiatan penilaian yang dilaksanakan secara terpadu dengan kegiatan pembelajaran. Untuk dapat melaksanakan kegiatan penilaian dengan baik, guru dituntut mampu mengembangkan kempetensi yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam membuat soal cerita. Subjek penelitian adalah guru di SDN Pakulaut 02 tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah enam guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Group Investigation dapat meningkatkan kompetensi guru dalam membuat cerita. Kompetensi guru yang mengalami peningkatan selama siklus I dan siklus II sebagai berikut: 1) aspek ide dasar sesuai dengan indikator pada siklus I mencapai kategori baik, dan pada siklus II mencapai kategori sangat baik, 2) aspek pemilihan soal cerita sesuai dengan tujuan dan karakteristik peserta didik pada siklus I mencapai kategori cukup, dan pada siklus II mencapai kategori sangat baik, 3) aspek soal cerita mudah dipahami oleh siswa pada siklus I mencapai kategori baik dan pada siklus II mencapai kategori sangat baik, 4) aspek soal cerita berhirarki pada siklus I mencapai kategori baik dan pada siklus II mencapai kategori sangat baik, dan 5) aspek soal cerita sesuai bahasa yang baik pada siklus I mencapai kategori baik dan pada siklus II mencapai kategori sangat baik.

Downloads

Published

2019-10-07

How to Cite

Sukhari, S. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Membuat Soal Cerita Mata Pelajaran Matematika Melalui Group Investigation di SDN Pakulaut 02 Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 3(2), 328–337. https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i2.508