EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS-GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS V SDN KALIERANG 01 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v5i2.906Keywords:
Efektivitas, Teams-Games Tournament, Kemampuan Pemecahan MasalahAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat ketuntasan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dan Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model teams-games tournament. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen bentuk quasy eksperimental design menggunakan osttest-only control design. Populasinya adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kalierang 01. Teknik analisis datanya menggunakan uji ketuntasan dan uji beda rata-rata. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes. Hasilnya Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran teams-games tournament sebanyak 86% telah tuntas melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 60, dan Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran dengan model pembelajaran teams-games tournament memiliki rata-rata lebih tinggi yaitu 72.7 daripada nilai rata-rata siswa yang pembelajarannya menggunakan model konvensional yaitu 61.9. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran teams-games tournament efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dikelas V Sekolah Dasar Negeri Kalierang 01 tahun pelajaran 2018/2019. Sehingga model pembelajaran teams-games tournament baik digunakan dalam pembelajaran matematika.