KENDALA ORANGTUA KELAS IV SD NEGERI TEMBONGRAJA 02 DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN AJARAN 2020/2021

Authors

  • Sofri Rizka Amalia

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v5i2.908

Keywords:

Kendala OrangTua, Belajar Daring

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala yang dialami orang tua kelas IV SD Negeri Tembongraja 02 dalam mendampingi anak belajar daring selama masa pandemi Covid-19 tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kendala orang tua mendampingi anak belajar daring dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal dimana faktor internal lebih banyak dibandingkan faktor eksternal. Faktor internal diantaranya yaitu karakteristik, minat, kecakapan, pengalaman sikap, motivasi, konsentrasi, kecerdasan serta kesiapan fisik dan mental. Faktor eksternal antara lain sibuk bekerja, lingkungan, masyarakat, kurikulum, media, pembiayaan, sarana dan prasarana.

Downloads

Published

2021-10-01

How to Cite

Amalia, S. R. (2021). KENDALA ORANGTUA KELAS IV SD NEGERI TEMBONGRAJA 02 DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN AJARAN 2020/2021: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 5(2), 127–137. https://doi.org/10.58436/dfkip.v5i2.908