Persepsi Siswa Bimbingan Belajar Luar Sekolah Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Tinggi di Perguruan Tinggi Keagamaan IslamNegeri (Studi Terhadap Siswa Bimbingan Belajar di Kota Pekalongan)
Keywords:
Bimbingan Belajar, Persepsi Siswa, Minat, PTKINAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena dimana siswa yang mengikuti
bimbingan belajar luar sekolah secara umum menjadikan perguruan tinggi umumsebagai pilhan pertama dan utama mereka. Dengan demikian, penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui bagaimana persepsi siswa bimbingan belajar luar sekolah yangdikaitkan terhadap minat mereka untuk melanjutkan pendidikan tinggi di perguruantinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
dengan menggunakan pendekatan studi kasus dengan analisis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini ialah siswa/siswi bimbingan belajar yang ada di
Kota Pekalongan. Sampel dalam penelitian diambil dengan menggunakan sampel
berorientasi tujuan atau purposive sampling. Pengumpulan data dalampenelitian ini
dilakukan melalui dokumentasi, kuesioner/angket serta wawancara. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa siswa bimbingan belajar di Pekalongan mempersepsikan PTKINdengan positif. Mayoritas siswa bimbingan belajar ini memiliki pengetahuan danpengalaman yang baik terhadap PTKIN. Namun demikian, meski mempersepsikanpositif, hasil penelitian menunjukkan bahwasanya persepsi positif ini tidak mesti linier
dengan minat.