Persepsi Siswa Bimbingan Belajar Luar Sekolah Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Tinggi di Perguruan Tinggi Keagamaan IslamNegeri (Studi Terhadap Siswa Bimbingan Belajar di Kota Pekalongan)

Penulis

  • Arditya Prayogi UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Nurul Husnah Mustika Sari UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Fika Luthfia Sari UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan

Kata Kunci:

Bimbingan Belajar, Persepsi Siswa, Minat, PTKIN

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena dimana siswa yang mengikuti
bimbingan belajar luar sekolah secara umum menjadikan perguruan tinggi umumsebagai pilhan pertama dan utama mereka. Dengan demikian, penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui bagaimana persepsi siswa bimbingan belajar luar sekolah yangdikaitkan terhadap minat mereka untuk melanjutkan pendidikan tinggi di perguruantinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
dengan menggunakan pendekatan studi kasus dengan analisis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini ialah siswa/siswi bimbingan belajar yang ada di
Kota Pekalongan. Sampel dalam penelitian diambil dengan menggunakan sampel
berorientasi tujuan atau purposive sampling. Pengumpulan data dalampenelitian ini
dilakukan melalui dokumentasi, kuesioner/angket serta wawancara. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa siswa bimbingan belajar di Pekalongan mempersepsikan PTKINdengan positif. Mayoritas siswa bimbingan belajar ini memiliki pengetahuan danpengalaman yang baik terhadap PTKIN. Namun demikian, meski mempersepsikanpositif, hasil penelitian menunjukkan bahwasanya persepsi positif ini tidak mesti linier
dengan minat.

Diterbitkan

2023-12-02

Cara Mengutip

Prayogi, A., Sari, N. H. M., & Sari, F. L. (2023). Persepsi Siswa Bimbingan Belajar Luar Sekolah Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Tinggi di Perguruan Tinggi Keagamaan IslamNegeri (Studi Terhadap Siswa Bimbingan Belajar di Kota Pekalongan). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (SENDIK), 1(1), 348–368. Diambil dari https://journal.peradaban.ac.id/index.php/fkipconference/article/view/1738