IMPLEMENTASI ALGORITMA C4.5 UNTUK MENDETEKSI STUNTING PADA POS KESEHATAN DESA (PKD) BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS : DESA PURBAYASA KECAMATAN TONJONG)

Authors

  • Adjie Hari Fajar Universitas Peradaban
  • Tezhar Rayenda Trastaronny Pastika Nugraha Universitas Peradaban
  • Sorikhi Sorikhi Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.58436/ijir.v4i2.1907

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan algoritma C4.5 dalam mendeteksi kasus stunting pada Pos Kesehatan Desa (PKD) dengan pendekatan berbasis website di Desa Purbayasa Tonjong. Masalah utama yang diteliti adalah prosedur mendeteksi stunting pada balita dikarenakan terlalu banyak proses yang dilalui, yang dapat berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan anak secara jangka panjang jika terlalu lama tidak ditangani sesegera mungkin. Ruang lingkup penelitian mencakup pengembangan sistem deteksi stunting berbasis website untuk mendukung pendeteksian stunting oleh petugas PKD dan penerapan algoritma C4.5 sebagai metode klasifikasi data untuk memprediksi stunting. Metode yang diusulkan melibatkan tahap penelitian, pengumpulan data, pengolahan data awal, metode yang diusulkan, eksperimen dan pengujian model, evaluasi dan validasi hasil. Data yang dikumpulkan akan diolah menggunakan algoritma C4.5 untuk menghasilkan model prediksi stunting. penelitian ini memperoleh hasil akurasi 0,9723756 dari pengujian program menggunakan k-fold cross validation dari iterasi ke-10, dengan rata-rata akurasi dari setiap iterasi adalah 0,9477596.

 

Kata Kunci:

Algoritma C4.5, Stunting, Deteksi Stunting, Data Mining, PKD.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

[1]
A. H. Fajar, T. R. T. P. Nugraha, and S. Sorikhi, “IMPLEMENTASI ALGORITMA C4.5 UNTUK MENDETEKSI STUNTING PADA POS KESEHATAN DESA (PKD) BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS : DESA PURBAYASA KECAMATAN TONJONG)”, ijir, vol. 4, no. 2, Dec. 2023.