Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Mengenal Berbagai Bentuk Energi dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari – Hari Bagi Siswa Kelas I SDN Dukuhtengah 02 Kecamatan Margasari Semester II Tahun P
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v2i2.323Keywords:
Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Make A MatchAbstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi mengenal berbagai bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hariPenelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, dimulai pada Januari sampai dengan Mei 2016. Dalam tiap siklusnya terdapat 4 tahap yaitu: 1) Perencanaan, 2) Implementasi tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Data diperoleh melalui pengamatan dan tes formatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yang ditandai dengan: a) Peningkatan nilai aktivitas belajar siswa di siklus I dengan prosentase 50 % menjadi 91 % di siklus II, naik sebesar 41 %, b) Peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan ketuntasan belajar klasikal yang di siklus I memperoleh prosentase 64 % dan siklus II menjadi 92 %, naik sebesar 28 %.
Abstract: The objective of this research is to increase the activity and learning outcomes of science in subject materials to recognize various forms of energy and its benefits in daily life. This research is conducted in 2 cycles and each cycle consists of 2 meetings, starting from January to May 2016. In each cycle there are 4 stages: 1) Planning, 2) Implementation of action, 3) Observation, 4) Reflection. The data obtained through observation and formative tests. The results showed that there is an increase in activity and learning outcomes of students from cycle I to cycle II is characterized by: a) Improvement of student learning activity in cycle I with percentage of 50% being 91% in cycle II, up by 41%, b) Increase in student learning outcomes based on the completeness of classical learning in cycle I get the percentage of 64% and cycle II being 92%, up by 28%..