Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Perkalian Pecahan Melalui Model Penerapan Cooperative Learning Tipe STAD pada Siswa Kelas VI SDN Dukuhtengah 02 Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v2i2.326Keywords:
Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran STADAbstract
Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengungkap bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode cooperative learning tipe STAD. Pengumpulan datanya menggunakan tes dan observasi. Analisis datanya menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan dari siklus I ke siklus II sebesar 20%. Tingkat ketuntasan belajar pada siklus II yang telah mencapai 91 % telah melampaui indikator keberhasilan yang ditetapkan peneliti yaitu 90 %. Nilai rata-rata pada kondisi awal mencapai 60,7, pada siklus I meningkat menjadi 70,9, dan pada siklus II menjadi 79,9 telah terjadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II meningkat 9,0 point atau 26 %. Sehingga dapat disimpulkan melalui model pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa.
Abstract: The aim of this classroom action research is to reveal that the implementation of STAD learning models can improve the student learning activities and student learning outcomes. This study used cooperative learning method type STAD. The data collection used test and observation. The data analysis used quantitative descriptive. The results showed that there was an increase in completeness from cycle I to cycle II by 20%. The level of completeness of learning in the second cycle which has reached 91% has exceeded the success indicators set by the researcher that is 90%. The average value in the initial conditions reached 60.7, in the first cycle it increased to 70.9, and in the second cycle being 79.9 there was an increase in the average value of the first cycle to the second cycle increased being 9.0 points or 26% . Thus, it can be concluded that the students learning activities and students learning outcomes can be improved through the STAD type learning model.