Resepsi Siswa Terhadap Nilai Moral dalam Cerita Anak dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar

Authors

  • Yukhsan Wakhyudi
  • Mulasih Mulasih

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i1.488

Keywords:

resepsi siswa, nilai moral, relevansi pendidikan karakter

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu, pertama mendeskripsikan dan menjelaskan resepsi siswa terhadap nilai-nilai moral dalam cerita anak. Kedua, mendeskripsikan dan menjelaskan relevansi nilai-nilai moral dalam cerita anak dengan pendidikan karakter di Sekolah Dasar. Penelitan ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi dan pendekatan objektif. Teknik Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data interaktif. Dokumen dalam penelitian ini adalah lima belas cerita anak. Penelitian ini menggunakan validasi data triangulasi teori. Analisis dokumen dilakukan dengan cara membandingkan dokumen dari hasil catatan-catatan temuan, hasil tes esai dan wawancara dengan siswa. Hasil penelitian tentang resepsi sastra berkaitan dengan pemahaman terhadap tokoh utama, nilai pendidikan moral, perbandingan cerita anak yang ditulis orang dewasa dan cerita yang ditulis anak-anak, serta pentingnya kedudukan sastra anak. Hasil analisis berkaitan dengan relevansi nilai-nilai dalam cerita anak menunjukkan bahwa keseluruhan nilai pendidikan moral dalam lima belas cerita anak memiliki relevansi dengan pendidikan karakter di Sekolah Dasar sebagai upaya penanaman karakter siswa.

Downloads

Published

2020-01-14

How to Cite

Wakhyudi, Y., & Mulasih, M. (2020). Resepsi Siswa Terhadap Nilai Moral dalam Cerita Anak dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 3(1), 113–124. https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i1.488