CERITA SEBAGAI MEDIA PENYAMPAIAN PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI

Authors

  • Yukhsan Wakhyudi
  • Ririn Setyorini

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v5i2.901

Keywords:

Pendidikan, Nilai-Nilai Karakter Islami, Cerita Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter Islami yang terkandung dalam cerita anak Anak Muslim Baca Hamdalah; Kumpulan Cerita Indahnya Bersyukur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan sumber data penelitian berupa Buku cerita anak Anak Muslim Baca Hamdalah; Kumpulan Cerita Indahnya Bersyukur. Buku ini diterbitkan oleh penerbit Qibla yang memuat 10 cerita. Analisis data dalam penelitian dilakukan dengan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Anak Muslim Baca Hamdalah; Kumpulan Cerita Indahnya Bersyukur karya Mulasih Taryâ€sebagai suatu karya sastra mengandung nilai pendidikan karakter Islami yang meliputi: 1) ajaran untuk senantiasa bersyukur; (2 peduli terhadap kesusahan orang lain; 3) ajaran untuk menghormati dan menghargai orang lain   4) ajaran untuk berperilaku hidup sehat dan bersih; 5) ajaran untuk senantiasa berusaha dan berdoa.Nilai-nilai yang ada dalam cerita anak tersebut menjadi dasar bahwa karya sastra dalam bentuk cerita anak dapat digunakan sebagai media atau sarana menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter islami yang berupa akhlak rasulullah pada anak-anak.

Downloads

Published

2021-10-01

How to Cite

Wakhyudi, Y., & Setyorini, R. (2021). CERITA SEBAGAI MEDIA PENYAMPAIAN PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 5(2), 68–77. https://doi.org/10.58436/dfkip.v5i2.901

Most read articles by the same author(s)