Peningkatan Minat Menulis Puisi Siswa Melalui Metode Explicit Instruction

Authors

  • Ririn Setyorini

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i2.504

Keywords:

explicit instruction, menulis puisi, metode pembelajaran, minat belajar

Abstract

Keterampilan berbahasa ada empat, diantaranya yaitu: membaca, menulis, berbicara dan menyimak. Menulis merupakan kegiatan yang cukup sulit dilalukan oleh sebagian orang. Puisi merupakan bentuk dari karya sastra yang terikat dengan irama, rima, baris, dan bait serta makna yang indah. Tidak semua orang bisa menulis puisi. Namun, semua orang bisa mempelajari menulis puisi. Ada metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh siswa dalam menumbuhkan minat menulis puisi salah satunya dengan metode explicit instruction. Metode pembelajaran ini merupakan suatu metode/ pendekatan pembelajaran yang dirancang khusus untuk menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural yang terstruktur dengan baik yang dapat diajarkan dengan pola selangkah demi selangkah. Melalui metode explicit instruction ini diharapkan siswa akan lebih mudah dalam menulis sebuah puisi dan minat belajar mereka terhadap menulis puisi akan semakin meningkat.

Downloads

Published

2019-10-07

How to Cite

Setyorini, R. (2019). Peningkatan Minat Menulis Puisi Siswa Melalui Metode Explicit Instruction: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 3(2), 288–297. https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i2.504