Peningkatan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran melalui Supervisi Akademik pada Guru SDN Kramat 01 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017

Authors

  • Sri Susanti

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i2.494

Keywords:

kemampuan, guru, supervisi, akademik

Abstract

Latar belakang masalah yang mendasari penelitian ini adalah kemampuan guru SDN Kramat 01 secara akademik, menyusun RPP dan melaksanakan pembelajaran yang masih sangat rendah, dibuktikan dari hasil tes akademik pada kondisi awal dari delapan guru rata-rata hanya 48,75 kategori kurang, kemampuan menyusun RPP ratarata 57,50 kategori kurang dan kemampuan melaksanakan pembelajaran sebesar 67,36 kategori cukup. Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan meningkatkan kemampuan guru menyusun RPP dan melaksanakan pembelajaran pada guru SD Negeri Kramat 01 Semester I tahun pelajaran 2016/2017. Subjek Penelitian yaitu para guru yang berjumlah delapan orang (enam guru kelas dan dua guru mata pelajaran). Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan akademik guru dari pra-siklus 48,75 kategori kurang menjadi siklus I sebesar 68,75 kategori cukup menjadi 78,75 pada siklus II dengan kategori baik. Hasil menyusun RPP pada kondisi awal hanya sebesar 57,50 kategori kurang sedangkan pada siklus I mencapai 69,00 kategori cukup dan pada Siklus II meningkat menjadi 77,50 kategori baik. Kemampuan melaksanakan pembelajaran rata-rata pra-sikus 67,36 kategori cukup meningkat menjadi 76,98 kategori baik pada siklus I dan meningkat menjadi 86,29 kategori amat baik pada siklus II. Terbukti supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan akademik guru, kemampuan menyusun RPP dan melaksanakan pembelajaran.

Downloads

Published

2019-10-07

How to Cite

Susanti, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran melalui Supervisi Akademik pada Guru SDN Kramat 01 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 3(2), 198–207. https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i2.494