Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pembelajaran melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan pada Guru SD Negeri Kalisalak 02 Semester I Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Ali Nurdin

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v4i2.637

Keywords:

Kemampuan, Guru, Supervisi, Akademik

Abstract

Latar belakang masalah yang mendasari penelitian ini adalah kemampuan guru SDN Kalisalak 02 dalam menyusun RPP dan melaksanakan pembelajaran masih sangat rendah, dibuktikan hasil kemampuan menyusun RPP rata-rata 66,11 kategori kurang dan kemampuan melaksanakan pembelajaran sebesar 68,77 kategori kurang. Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan meningkatkan kemampuan guru menyusun RPP dan melaksanakan pembelajaran pada guru SD Negeri Kalisalak 02 Semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Subjek Penelitian guru yang berjumlah 7 orang terdiri 6 guru kelas dan 1 guru mata pelajaran. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, wawancara. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menyusun RPP pada kondisi awal hanya sebesar 68,11 kategori kurang sedangkan pada siklus 1 mencapai 81,73 kategori baik dan pada Siklus II meningkat menjadi 90,27 kategori amat baik. Kemampuan melaksanakan pembelajaran rata-rata pra-sikus 68,77 kategori kurang meningkat menjadi 79,28 kategori cukup pada siklus I dan meningkat menjadi 89,50 kategori baik pada siklus II. Terbukti supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru dalam kemampuan menyusun RPP dan melaksanakan pembelajaran.

Downloads

Published

2020-10-01

How to Cite

Nurdin, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pembelajaran melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan pada Guru SD Negeri Kalisalak 02 Semester I Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 4(2), 10–18. https://doi.org/10.58436/dfkip.v4i2.637