UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI POKOK TUMBUHAN HIJAU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI RANDUSARI 01 KABUPATEN TEGAL SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2016/201
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v8i1.234Keywords:
Keaktifan, hasil belajar, model pembelajaran STADAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi pokok tumbuhan hijau melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas V SD Negeri Randusari 01 Kabupaten Tegal semeseter 1 Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data berupa penilaian tes, dokumentasi dan observasi. Analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa mencapai 78,24 atau klasifikasi B pada siklus I dan 86,56 atau klasifikasi A pada siklus II bila dibandingkan dengan pembelajaran sebelum melaksanakan tindakan penelitian yang hanya mencapai 63,78 atau klasifikasi C. Siswa yang mencapai ketuntasan belajar 71,88% pada siklus I dan 96,88% pada siklus II bila dibandingkan dengan ketuntasan belajar pembelajaran sebelum melaksanakan tindakan penelitian yang hanya memperoleh ketuntasan belajar sebesar 53,12%.