UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU DI INDONESIA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT DI KELAS V SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v9i1.391Keywords:
hasil belajar, problem based learningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn melalui model Problem Based Learning berbantuan media power point khususnya pada materi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia pada SDN Pesarean 02. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 18 siswa yang. Pelaksana pembelajaran adalah guru PKn kelas IV yang sekaligus sebagai peneliti. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti adalah tes hasil belajar siswa melalui siklus-siklus penelitian tindakan kelas. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif komparatif dan analisis kritis.Hasil tersebut kemudian ditabulasikan dan dibahas secara reflektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya pembelajaran dengan model Problem Based Learning adalah pada siklus I hasil belajar siswa 73,1% dan siklus II 78,1%. Secara keseluruhan selama proses tindakan hasil belajar siswa meningkat. Dalam proses pembelajaran, siswa aktif mencari dan menyusun pengetahuan yang sedang dipelajarinya. Siswa menjadi lebih terampil dalam menerapkan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari sehingga hasil belajar siswa meningkat.