Pengaruh Transformasi Digital Terhadap Keberlanjutan Bisnis UMKM Batik Banyumas Melalui Kinerja Pemasaran Sebagai Variabel Mediasi
DOI:
https://doi.org/10.58436/jsitp.v4i1.1607Abstract
Berdasarkan data dari dinas koperasi dan industri kabupaten Banyumas, 1.500 UKM batik yang tersebar di seluruh wilayah Banyumas namun jumlah tersebut mengalami penurunan menjadi sekitar 1.400 karena dampak pasca pandemi covid19. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh transformasi digital terhadap kinerja pemasaran dan keberlanjutan bisnis. Penelitian ini juga menguji variabel kinerja pemasaran sebagai variabel mediasi antara transformasi digital dan keberlanjutan bisnis. Menggunakan 97 responden, hasilnya adalah transformasi digital dan kinerja pemasaran mempunyai pengaruh positif terhadap keberlanjutan bisnis dan kinerja pemasaran memediasi pengaruh transformasi digital dan keberlanjutan bisnis.
Keyword: UMKM Batik, Transformasi Digital, Kinerja Pemasaran, Keberlanjutan Bisnis
References
Asrol, S., Lidyah, R., Hartini, T. and Muhammadinah, M., 2022. Peran Percepatan Transformasi Digital untuk Keberlanjutan Bisnis dan Pemulihan Ekonomi Pelaku UMKM di Kota Palembang Pascapandemi. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, 11(2), pp.242-246.
Costa Melo, I., Alves Junior, P.N., Queiroz, G.A., Yushimito, W. and Pereira, J., 2023. Do We Consider Sustainability When We Measure Small and Medium Enterprises’(SMEs’) Performance Passing through Digital Transformation?. Sustainability, 15(6), p.4917.
Diez-Martin, F., Blanco-Gonzalez, A. and Prado-Roman, C., 2019. Research challenges in digital marketing: sustainability. Sustainability, 11(10), p.2839.
Fernandez-Vidal, J., Perotti, F.A., Gonzalez, R. and Gasco, J., 2022. Managing digital transformation: The view from the top. Journalof Business Research, 152, pp.29-41.
El Hilali, W., El Manouar, A. and Idrissi, M.A.J., 2020. Reaching sustainability during a digital transformation: a PLS approach. International Journal of Innovation Science, 12(1), pp.52-79.
Li, L., 2022. Digital transformation and sustainable performance: The moderating role of market turbulence. Industrial Marketing Management, 104, pp.28-37.
Jones, P., Clarke‐Hill, C., Comfort, D. and Hillier, D., 2008. Marketing and sustainability. Marketing intelligence & planning, 26(2), pp.123-130.
I. S. Jacobs and C. P. Bean, “Fine particles, thin films and Satyawati, N.M.D., 2019. Peran Inovasi Produk dan Orientasi Pasar Dalam Mencapai Keunggulan Bersaing Berkelanjutan Melalui Kinerja Pemasaran Pada UKM di Desa Nagasepaha. ARTHA SATYA DHARMA, 12(2), pp.79-95.
Melo, I.C., Queiroz, G.A., Junior, P.N.A., de Sousa, T.B., Yushimito, W. and Pereira, J., 2023. Sustainable digital transformation in small and medium enterprises (SMEs): A review on performance. Heliyon.
Teng, X., Wu, Z. and Yang, F., 2022. Research on the relationship between digital transformation and performance of SMEs. Sustainability, 14(10), p.6012.
S. Dien Hawa and A. Syauqi, “Peningkatan Ekuitas Merek pada Produk Layanan Transaksi Digital m-BCA: Array”, JSITP, vol. 3, no. 1, pp. 39–43, Jul. 2022.
R. Amalia and S. Rianto, “Promosi Penjualan, E-Service Quality, dan Citra Merek sebagai upaya Meningkatkan Pengguna Dompet Digital OVO: Array”, JSITP, vol. 3, no. 2, pp. 61–64, Dec. 2022.
S. Dien Hawa, “User Interface dan Social Media Marketing Sebagai Pendorong Keputusan Pembelian pada E-Commerce Tokopedia”, JSITP, vol. 3, no. 2, pp. 57–60, Dec. 2022.
Hawa, S. D., Syauqi, A., Rolisnawati, R., & Za'im Akbar, H. (2023). Factor Analysis of Demand for Kaligua Tourism in Brebes Regency: A Case Study Using Primary Data. Media Trend, 18(1), 90-101.
Hawa, S. D., & Anjani, M. (2023, June). Pengaruh Penetration Pricing Dan Peningkatan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mi Konyol Bumiayu. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen dan Ekonomi (Vol. 2, No. 1, pp. 18-37).
Hawa, S. D. (2021). Dampak Electronic Word Of Mouth (eWom) pada Smarthphone Xiaomi: Array. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Peradaban, 2(2), 27-34.
Hawa, S. D. (2022). User Interface dan Social Media Marketing Sebagai Pendorong Keputusan Pembelian pada E-Commerce Tokopedia. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Peradaban, 3(2), 57-60.