Pengaruh Transformasi Digital Terhadap Keberlanjutan Bisnis UMKM Batik Banyumas Melalui Kinerja Pemasaran Sebagai Variabel Mediasi
DOI:
https://doi.org/10.58436/jsitp.v4i1.1607Abstract
Berdasarkan data dari dinas koperasi dan industri kabupaten Banyumas, 1.500 UKM batik yang tersebar di seluruh wilayah Banyumas namun jumlah tersebut mengalami penurunan menjadi sekitar 1.400 karena dampak pasca pandemi covid19. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh transformasi digital terhadap kinerja pemasaran dan keberlanjutan bisnis. Penelitian ini juga menguji variabel kinerja pemasaran sebagai variabel mediasi antara transformasi digital dan keberlanjutan bisnis. Menggunakan 97 responden, hasilnya adalah transformasi digital dan kinerja pemasaran mempunyai pengaruh positif terhadap keberlanjutan bisnis dan kinerja pemasaran memediasi pengaruh transformasi digital dan keberlanjutan bisnis.
Keyword: UMKM Batik, Transformasi Digital, Kinerja Pemasaran, Keberlanjutan Bisnis