Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Ekskresi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Margasari

Authors

  • Nur Azizah

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i1.479

Keywords:

aktivitas, hasil belajar, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi sisitem Ekskresi melalui penerapan model Problem Based Learning bagi siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Margasari kabupaten Tegal. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini terdiri atas dua siklus yang masing-masing siklus terdiri atas 4 (empat) tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pembelajaran Problem Based Learning yang digunakan peneliti pada pembelajaran IPA diketahui bahwa pada kondisi awal hasil belajar siswa dalam memahami materi sisitem ekskresi dalam pembelajaran hanya mencapai persentase rata-rata sebesar 35,3%. Setelah dilakukan tindakan dengan pembelajaran Problem Based Learning maka hasil belajar siswa meningkat. Sebagaimana hasil penelitian pada Siklus I mencapai persentase rata-rata hasil belajar siswa dalam memahami materi sistem ekskresi sebesar 67,7% dan dilanjutkan pada Siklus II mencapai persentase rata-rata hasil belajar siswa dalam memahami sistem ekskresi sebesar 88,2%.

Downloads

Published

2019-05-07

How to Cite

Azizah, N. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Ekskresi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Margasari: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i1.479