UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM EKSKRESI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VIII I SMP NEGERI I MARGASARI SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Nur Azizah

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v5i2.902

Keywords:

Keaktifan, Hasil Belajar, Sistem Ekskresi, Model Pembelajaran, Discovery Learning

Abstract

Permasalahan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII I SMP Negeri 1 Margasari Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya materi sistem ekskresi. Hal tersebut disebabkan karena metode mengajar guru yang masih konvensional. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas selama dua siklus yang setiap siklusnya dilakukan dalam tiga kali pertemuan dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Dari hasil pengamatan pada siklus I selama proses pembelajaran menunjukkan bahwa siswa mulai terlibat aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar materi sistem ekskresi yaitu dari 32 siswa diperolah ketuntasan klasikal sebesar 77,0%. Dengan adanya refleksi pada siklus I kemudian dilakukan perbaikan dan penyempurnaan maka proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning semakin baik. Siswa semakin antusias dalam proses pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar pada siklus II. Dari 32 siswa diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 84,0%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa melalui model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sistem ekskresi pada siswa kelas VIII I SMP Negeri 1 Margasari Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020.

Downloads

Published

2021-10-01

How to Cite

Azizah, N. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM EKSKRESI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VIII I SMP NEGERI I MARGASARI SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2019/2020: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 5(2), 78–87. https://doi.org/10.58436/dfkip.v5i2.902