Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Kemagnetan pada Siswa Kelas IX F SMP Negeri 1 Margasari Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v4i2.645Keywords:
Hasil Belajar, Materi Kemagnetan, Model Discovery LearningAbstract
Permasalahan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IX F SMP Negeri 1 Margasari Semester Dua Tahun Pelajaran 2017/2018 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya materi Kemagnetan. Hal tersebut disebabkan karena metode mengajar guru yang masih konvensional. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas selama dua siklus yang setiap siklusnya dilakukan dalam tiga kali pertemuan dengan menerapkan model Discovery Learning. Dari hasil pengamatan pada siklus I selama proses pembelajaran menunjukkan bahwa siswa mulai terlibat aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar materi Kemagnetan, yaitu dari 35 siswa diperolah ketuntasan klasikal sebesar 57,14%. Dengan adanya refleksi pada siklus I kemudian dilakukan perbaikan dan penyempurnaan maka proses pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning semakin baik. Siswa semakin antusias dalam proses pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar pada siklus II. Dari 35 siswa diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 85,71%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa melalui model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar materi Kemagnetan pada siswa kelas IX F SMP Negeri 1 Margasari Semester Dua Tahun Pelajaran 2017/2018.