Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Luas dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Dengan Alat Peraga pada Peserta Didik Kelas VIII C SMP Negeri 2 Warureja Tahun Pelajaran 2016/2017

Authors

  • Mukaromah Mukaromah

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i2.499

Keywords:

aktivitas belajar, hasil belajar, metode demonstrasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: peningkatan aktivitas belajar matematika melalui penerapan metode demonstrasi; peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan metode demonstrasi; dan seberapa besar peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Warureja semester 2 tahun pelajaran 2016/2017 dengan diterapkannya metode demonstrasi. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah: 1) Apakah dengan menerapkan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika?, 2) Apakah dengan menerapkan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika?, dan 3) Seberapa besarkah peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Warureja semester dua tahun pelajaran 2016/2017 dengan diterapkannya metode demonstrasi?. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan populasi penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Warureja tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 35 anak dengan jumlah dengan masing-masing siklus dilaksanakan dengan empat (empat) tahapan yaitu; perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Kesimpulan dari hasil penelitian tindakan kelas adalah: melalui penerapan metode demonstrasi secara kongkrit dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika sebesar 7,15%, yaitu dari siklus 1 sebesar 65,71% dengan kriteria cukup aktif menjadi 72,86% pada siklus 2 dengan kriteria aktif, penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika, dan peningkatan hasil belajar sebesar 62,86%, yaitu pada siklus 1 sebesar 17,86% meningkat menjadi 80,00% pada siklus 2.

Downloads

Published

2019-10-07

How to Cite

Mukaromah, M. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Luas dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Dengan Alat Peraga pada Peserta Didik Kelas VIII C SMP Negeri 2 Warureja Tahun Pelajaran 2016/2017: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 3(2), 247–255. https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i2.499