Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Pendidikan Agam Islam dan Budi Pekerti Materi Sholat Jamak dan Qashar melalui Metode Demonstrasi pada Peserta Didik Kelas VII A SMP Negeri 2 Warureja Tahun Pelajaran 2017/2018

  • Hema Iriani
Keywords: Aktivitas, Hasil Belajar, Metode Demonstrasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti materi sholat jamak dan qashar dengan diterapkannya metode demonstrasi pada peserta didik Kelas VII A SMP Negeri 2 Warureja Kabupaten Tegal semester genap tahun pelajaran 2017/2018, serta untuk mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas dan hasil belajarnya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian tindakan kelas ini direncanakan dua siklus. Prosedur penelitian tindakan kelas dalam penelitian ini adalah: rencana, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di SMP Negeri 2 Warureja kelas VII A semester genap tahun pelajaran 2017/ 2018. Pelaksanaan kegiatan Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dari bulan Januari sampai bulan Juni 2018. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah observasi, dan tes. Analisis data penelitian ini dengan menghitung prosentasi aktivitas belajar siswa dan skor hasil belajar siswa sesuai indikator. Hasil penelitian ini adalah: 1) penerapan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VII A SMP Negeri 2 Warureja semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti materi shalat jamak qashar, dan 2) aktivitas belajar siswa meningkat sebesar 18,75%, pada siklus I ada 21 peserta didik (65,63%) dengan kriteria aktif, meningkat menjadi 27 peserta didik (84,38%) pada siklus II. Sedangkan hasil belajar peserta didik meningkat sebesar 22,23%, pada siklus I ketuntasan berdasarkan KBM ada 22 peserta didik (69,44%) meningkat menjadi 29 peserta didik (91,67%) pada siklus II.

Published
2020-10-01