MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG SEDERHANA MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA BANGUN RUANG DI KELAS IV SDN DUKUHTENGAH 02 KECAMATAN MARGASARI KABUPATEN TEGAL SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2015/2016
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v2i1.272Keywords:
Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Metode DemonstrasiAbstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap bahwa penerapan metode demonstrasi dengan media bangun ruang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Analisis datanya menggunakan deskriptif kuantitatif. Besarnya peningkatan aktivitas belajar tersebut dari siklus I ke siklus II sebesar 34,61%. Aktivitas belajar siswa pada kondisi akhir siklus II mencapai 88,46 % telah melampaui indicator penelitian yang ditetapkan peneliti yaitu sebesar 75%. Nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 15,38 point nilai rata-rata pada kondisi akhir siklus II mencapai 85,77 telah melampaui indikator keberhasilan yang ditetapkan peneliti yaitu 70. Dengan demikian, melalui metode demonstrasi dengan media bangun ruang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa.
Abstract: The purpose of this research is to reveal that the implementation of demonstration methods with solid figure as the media to improve student learning activities and student learning outcomes. This research uses Classroom Action Research method. The data analysis uses quantitative descriptive. The amount of increase in learning activity from cycle I to cycle II amounted to 34.61%. Student learning activities at the end of cycle II reached 88.46% has exceeded the research indicator set by researchers that is equal to 75%. The average value of the class from cycle I to cycle II increased by 15.38 points the average value at the end of cycle II reached 85.77 has exceeded the indicator of success established by the researcher is 70. Thus, it can be concluded that students’ learning activities and students’ learning outcomes could be increased through by demonstraion method with sold figure as the media.