PENGARUH FASILITAS DAN PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN TUBERCULOSIS DI RSUD CILACAP TAHUN 2022
Abstrak
Tuberculosis masuk dalam salah satu masalah kesehatan yang menjadi tantangan global. Rumah sakit ialah salah satu fasilitas kesehatan yang diperlukan untuk penyelenggara upaya kesehatan yang akan memberikan kepuasan apabila memadai. Selain fasilitas kepuasan pasien dipengaruhi oleh aspek lain yaitu aspek pelayanan kefarmasian. Riset ini bermaksud guna melihat korelasi fasilitas serta pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien TB (tuberculosis) di instalasi farmasi rawat jalan RSUD Cilacap tahun 2022. Metode yang digunakan cross sectional study, sejumlah 73 sampel diambil berlandaskan kriteria inklusi serta eksklusi. Temuan uji t memperlihatkan terdapat korelasi fasilitas terhadap kepuasan pasien tuberculosis dengan nilai t hitung 6,744 > t tabel 1,944 serta terdapat korelasi pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien dengan nilai t hitung 2,283 > t tabel 1,944, uji F menunjukkan terdapat korelasi secara simultan antara fasilitas serta pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien TB (tuberculosis) di instalasi farmasi rawat jalan RSUD Cilacap tahun 2022 dengan nilai F hitung 47,640 > F tabel 3,13.
Kata kunci: tuberculosis, fasilitas, pelayanan kefarmasian, kepuasan pasien