PENINGKATAN HASIL BELAJAR MULOK PERTIWI DENGAN MATERI PENGOLAHAN PENGAWETAN MAKANAN JANGKA PENDEK MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS VIIIA SMPN 2 MARGASARI TEGAL SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v2i1.268Keywords:
Metode DemonstrasiAbstract
Abstrak: Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya hasil belajar Mulok Pertiwi materi pengaweta makanan jangka pendek kelas VIII A semester genap smp negeri 2 Margasari tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatan hasil belajar mata pelajaran mulok pertiwi dengan metode demonstrasi. Peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas selama 2 siklus yang tiap siklusnya dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan dengan menggunakan metode demonstrasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan belajar siswa dari siklus I sebesar 73% menjadi 82% pada siklus II. Siklus I siswa yang mampu memperoleh nilai ≥ KKM (75) sebesar 82% menjadi 85 % pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran demonstrasi terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Abstract: The problem in this classroom action research is the low of learning result of Mulok Pertiwi in subject material short-term food in grade VIII A in even semester in SMP 2 Margasari at Academic Year 2015/2016. The purpose of this research is to increase the learning outcomes of the subject material Mulok Pertiwi by applying demonstration method. The researcher conducted the classroom action research for 2 cycles which each cycle was conducted in 3 meetings by using demonstration method. The result of the research shows that the improvements of students learning from cycle I is 73% being 82% in cycle II. In cycle I students who has been completed with a value of test results above of KKM (75) is amount 82% being 85% in cycle II. Based on the results of this research, it can be concluded that the demonstration learning model proven to improve the students learning outcomes.